Welcome Tamu

Istilah-Istilah Dalam Saham



1.      Apa yang Dimaksud Dengan Pialang Saham?

Pialang saham adalah orang-orang yang mendapatkan lisensi dari bursa untuk melakukan perdagangan efek dan terikat pada etika bursa.
Adapun kegiatan-kegiatan utama para pialang saham adalah :
a.      Membeli dan menjual efek
b.      Memberikan jasa
c.      Mengirimkan laporan bulanan mengenai seluruh transaksi
d.      Menginvestasikan uang tunai menganggur pada account
e.      Menyimpan sertifikat saham kliennya.

2.      Apa yang Dimaksud Dengan Pembukaan Account?

Pembukaan account merupakan hubungan yang legal antara klien dengan broker. Berbagai jenis account yang dapat dibentuk, seperti :
a.      Account tunggal (individual) atau bersama (suami-istri/ortu-anak)
b.      Account tunai atau margin
c.      Account diskresions, broker dapat melakukan sendiri transaksi pembelian atau penjualan 

3.      Apa itu Transaksi Odd-lot & Round-lot?

Transaksi odd-lot merupakan perdagangan saham dibawah standar lot. Sedangkan round-lot merupakan perdagangan diatas standar lot. Dimana satu lot terdiri dari 500 lembar. Tetapi pada prakteknya efek yang diperdagangkan dalam skala jumlah yang besar.



Daya Tarik Saham


1.      Apa yang menjadi daya tarik saham?
Ada 2 keuntungan yang didapat pemodal dengan berinvestasi pada saham, yaitu melalui dividen dancapital gainDividen merupakan keuntungan yang diberikan oleh perusahaan penerbit saham atas keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Dividen biasanya dibagikan setelah ada kesepakatan pemegang saham dan biasanya 1 tahun sekali.
Sedangkan capital gain merupakan selisih harga beli dan harga jual. Sebagai contoh, misalnya anda membeli saham perusahaan A dengan harga per lembar saham Rp 1.400 dan menjual dengan harga Rp 2.000 per lembar saham, berarti anda mendapatkan capital gain sebesar Rp 600 per lembar saham. Umumnya investor jangka pendek mengharapkan keuntungan ini.
2.      Bagaimana agar investor berhak mendapatkan dividen?
Agar investor berhak mendapatkan dividen, pemegang saham tersebut harus memegang sahamnya untuk kurun waktu tertentu hingga kepemilikan tersebut diakui sebagai pemegang saham dan berhak mendapatkan dividen.
Dividen yang diberikan perusahaan dapat berupa dividen tunai, dimana pemegang saham mendapat uang tunai sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki dan dividen saham dimana pemegang saham mendapatkan jumlah saham tambahan.





Terimakasi Telah Mengunjungi (Ara$Book) => Silahkan Tinggalkan Komentar anda...!??

Tidak ada komentar: