Welcome Tamu

Jangan Takut Berbuat Salah


 


Kita tahu para ilmuwan selalu sibuk selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan di dalam laboratoriumnya untuk membuat sesuatu menjadi lebih baik. Tanpa kenal lelah dan pantang menyerah, mereka akan terus berjuang meski menemui kegagalan.

Tahukah Anda rahasia besar di balik kegigihan para ilmuwan itu? Ternyata, sikap positif mereka itu sudah dipupuk sejak masa kecil. Simak cuplikan kisah berikut ini. 
Seorang bocah laki-laki, sebut saja namanya Albert, sewaktu berumur 3,5 tahun melakukan sesuatu yang membuatnya ketakutan. Ketika mengambil botol susu dari dalam kulkas, tanpa sengaja ia menjatuhkannya. Membuat semua isi botol tumpah ke lantai.
Melihat kejadian itu, sang Ibu hanya berkata riang dan tenang, "Ya ampun, apa yang kamu perbuat, Albert? Ibu belum pernah melihat lautan susu seluas ini." Lalu, ia membolehkan Albert untuk bermain-main dengan susu itu dan setelah itu mereka akan bersama-sama membersihkan lantainya.

Albert pun akhirnya asyik menggambar berbagai gambar di atas susu. Sesaat kemudian, sang Ibu kembali dan berkata, "Oke, Albert, kamu tahu kan setelah selesai bermain, kamu harus membereskan semuanya dan mengembalikan barang-barang ke tempat semula? Tapi, bagaimana cara kita membersihkan ini?"
Lalu, Albert diberi pilihan alat pembersih: spons, lap atau kain pel. Akhirnya, spons yang terpilih mengemban "tugas mulia" itu. Sebelum mulai membersihkan, sang Ibu juga menanyakan cara menggunakan spons. Albert menjawab dengan semangat, "Spons akan menyerap susunya lalu kita memerasnya ke dalam ember." Setelah itu, mereka melakukan persis yang dikatakan Albert hingga lantai dapur menjadi bersih kembali.
Tak hanya itu, sang Ibu juga menunjukkan kepada Albert cara yang benar mengangkat botol besar susu dengan tangan kecilnya. Albert berlatih dengan mengangkat botol berisi air hingga ia paham bahwa cara aman memindahkan botol adalah dengan memegang leher botolnya.
Begitulah, pengalaman yang tampak sepele tapi berharga ini dibawa Albert hingga dewasa dan menjadi ilmuwan sukses. Itulah yang membuat dirinya bertekun mengerjakan sebuah eksperimen ilmiah.



Penulis : Tim AndrieWongso

Tidak ada komentar: