Welcome Tamu

Langkah Sukses Bernegosiasi


Negosiasi adalah menemukan solusi terbaik untuk masalah atau situasi tertentu. Hal tersebut dapat terjadi di ruang rapat, kamar tidur, atau ruang sidang di mana kita harus ber"musyawarah" tentang sesuatu. Negosiasi dapat melibatkan dua orang atau lebih. Adalah sebuah proses menempatkan semua opsi di atas meja yang hasil akhirnya adalah jawaban dari sebuah permasalahan.




Apa yang membuat negosiasi menantang adalah ketika orang lain telah benar-benar menentang pandangan Anda. Faktor lain yang membuat negosiasi cukup sulit adalah ketika keduanya atau semua pilihan yang ada baik, namun hanya dibutuhkan sebuah solusi.

Dengan demikian kita memerlukan langkah-langkah agar sukses dalam bernegosiasi. Dimana Anda tidak hanya mendapatkan "keputusan pilihan" yang disetujui tetapi juga menjaga agar semua orang yang ada di meja perundingan setuju dengan preferensi Anda.

Langkah-langkah berikut dapat anda terapkan untuk negosiasi pribadi (pasangan, anak-anak, anggota keluarga, teman), negosiasi perusahaan (anggota dewan, staf, pemimpin,), atau negosiasi penjualan.



1. Memahami Darimana Setiap Orang di Meja Negosiasi Berasal

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan sebuah penelitian. Cari tahu segala sesuatu yang Anda dapat tentang mereka (lawan negosiasi anda) dan bagaimana reaksi mereka tentang situasi-situasi tertentu, kemudian, gabungkan semua ini dalam apa yang akan hadirkan selama negosiasi.



2. Mempelajari dan Memahami Apa Masalah Utama? Apa yang Perlu Dicapai? 

Keberhasilan negosiasi terletak pada fase pra-negosiasi daripada pada saat negosiasi yang sebenarnya. Jika Anda bisa melakukan pekerjaan rumah Anda dengan baik, kemungkinan Anda akan memiliki presentasi yang baik. Mempelajari semua sudut pandang orang lain dan pastikan anda memahami sudut pandang orang lain tersebut.



3. Merencanakan Presentasi Anda

Orang yang sedang Anda ajak bernegosiasi jangan sampai merasa terancam oleh preferensi Anda. Sebaliknya, mereka harus melihat Anda sebagai sekutu, bukan sebagai lawan.



4. Buatlah Mereka tahu Bahwa Mereka sedang Bersama Orang-orang Terbaik dalam Pikiran Mereka

Anda harus membiarkan mereka tahu bahwa Anda telah melakukan penelitian dan bahwa Anda tahu apa yang menyangkut dari masing-masing mereka. Katakan pada mereka bahwa semua pemikiran anda adalah gabungan dari apa yang akan mereka hadirkan.





5. Bersiaplah untuk Umpan Balik, Reaksi, dan Oposisi
Sebelum Anda menyajikan, biarkan orang-orang di meja negosiasi tahu bahwa Anda hanya akan mengijinkan pertanyaan atau reaksi setelah Anda selesai menyajikan pendapat Anda. Harus sangat obyektif dan akan terjadi situasi yang emosional ketika Anda berhubungan dengan lawan anda. Biarkan pihak lawan tahu bahwa Anda memahami darimana ia berasal.



6. Jadilah Terbuka untuk Beberapa Perubahan 

Bersedia untuk mendengarkan pandangan mereka dan membuat penyesuaian yang diperlukan.



7. Menemukan Kesamaan

Carilah keputusan umum yang disetujui oleh setiap orang. Jangan menghadirkan pernyataan yang menyangkut Agama kepada rekan kerja atau bisnis yang sedang bernegosiasi dengan anda, sebab tidak semua mempunyai kepercayaan yang sama atau sepaham dengan Anda.



Ingatlah bahwa tujuan bernegosiasi adalah mencapai satu keputusan yang tidak seorang pun berat menerimanya. Teruslah berinovasi dalam menciptakan situasi hangat dalam negosiasi agar orang-orang yang pernah bernegosiasi dengan Anda tidak merasa tertekan.




Terimakasi Telah Mengunjungi (Ara$Book) => Silahkan Tinggalkan Komentar anda...!??


sumber:

Tidak ada komentar: